iPhone 12 lebih cepat dari ponsel Android dengan Snapdragon 865 Plus

iPhone 12 lebih cepat dari ponsel Android dengan Snapdragon 865 Plus
Sumber: Apple.com
Apple akan melengkapi seri ponsel iPhone 12 dengan chipset terbaru yaitu A14 Bionic, namun sebelumnya sempat beredar rumor bahwa chipset tersebut tidak bisa mengalahkan pesaing utamanya yaitu Qualcomm Snapdragon 865 Plus yang terdapat di sebagian besar ponsel flagship Android. 

Sekarang tes benchmark oleh Tom's Guide telah membandingkan kedua chipset tersebut dan hasilnya menunjukkan A14 Bionic lebih cepat daripada Snapdragon 865 Plus. Sumber telah menggunakan layanan benchmarking Geekbench 5 untuk iPhone 12, iPhone 12 Pro serta ponsel Android yang dilengkapi chipset Snapdragon 865 dan 865 Plus. Secara keseluruhan, iPhone 12 melampaui hasil ponsel lain dengan skor tertinggi untuk tes single dan multi-core.

iPhone 12 lebih cepat dari ponsel Android dengan Snapdragon 865 Plus

Ponsel Android yang paling mendekati hasil iPhone 12 adalah Samsung Galaxy Note20 Ultra dan ASUS ROG Phone 3, namun yang menarik adalah kedua ponsel Snapdragon 865 Plus ini masih dikalahkan oleh iPhone 11 Pro Max yang dibekali chipset A13. 

Selain tes benchmark di atas, iPhone 12 juga memenangkan daftar tes pemrosesan grafis dan pengeditan video. Meski begitu, semua ponsel yang diuji ini memberikan pengalaman penggunaan dunia nyata yang sangat baik dan mampu mengoperasikan aplikasi intensif dengan baik.

Namun pengujian ini tetap menunjukkan bahwa chipset Bionic A masih tetap mempertahankan singgasananya sebagai chipset ponsel terbaik dan nampaknya masih belum ada ponsel Android yang mampu mengungguli performa iPhone.